August 05, 2016

Dua Aplikasi Untuk Kompres Ukuran File PDF Menjadi Kecil

Ingin memperkecil ukuran file pdf secara offline? jika ya maka saya akan berbagi info mengenai dua aplikasi untuk kompres ukuran file pdf sehingga bisa menjadi lebih kecil tanpa kehilangan kualitas, dengan kata lain kualitas file yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan aslinya.

Kedua software ini bebas untuk digunakan, dan bisa dijalankan pada OS Windows XP, 7, 8, maupun Windows 10. Walaupun mungkin kedua aplikasi ini bukan yang terbaik tetapi setidaknya bisa cukup membantu ketika kita ingin mengurangi ukuran file pdf dengan cepat dan mudah.

Terutama jika file tersebut akan dikirim via email misalnya, agar proses pengiriman cepat maka kita bisa perkecil dulu ukurannya, dan berikut adalah dua aplikasi gratis untuk kompres PDF. Baca juga : cara membuat file pdf.

Dua Aplikasi Untuk Kompres Ukuran File PDF

1 - ORPALIS PDF Reducer
Yang satu ini tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak situs-situs besar yang merekomendasikan, kelebihannya adalah dapat mengompres banyak file pdf sekaligus tetapi kekurangannya untuk versi gratis kita harus agak sedikit bersabar saat pertama kali membuka karena harus menunggu beberapa detik sebelum aplikasi bisa digunakan.

Jika kamu baru pertama kali menggunakan ORPALIS PDF Reducer kemudian agak bingung karena saat klik tombol Browse tidak ditemukan file PDF maka lakukan dulu perubahan pengaturan seperti berikut ini
  1. Jalankan aplikasi ORPALIS PDF Reducer kemudian pilih menu Options.
  2. Pilih Tab General lalu ubah pada Input Mode menjadi Files Selection - Apply.Dua Aplikasi Untuk Kompres Ukuran File PDF

Kemudian untuk mengecilkan ukuran file PDF caranya, klik tombol pada Source lalu cari file yang akan dikompres.

Jangan lupa tentukan juga lokasi penyimpanan hasilnya dengan cara klik tombol Destination, dan tempatkan di folder yang berbeda dengan file asli agar yang asli tidak direplace.

Jika sudah pilih tombol Start batch dan tunggu sampai selesai. Download ORPALIS PDF Reducer Free

2 - Free PDF Compressor
Tidak jauh berbeda dengan orpalis, fungsinya adalah untuk mengurangi ukuran dokumen pdf sehingga jauh lebih kecil dibandingkan aslinya.

Tetapi software yang satu ini hanya dapat memproses satu file sekali waktu, jadi jika kamu punya banyak file maka harus dikompres bergantian satu persatu.

Kelebihannya, Free pdf compressor ini otomatis akan membuat nama file yang sudah dikompres berbeda dengan aslinya sehingga kamu tidak takut file asli tertimpa.

Aplikasi ini bisa kamu download dari http://www.freepdfcompressor.com/. Setelah diunduh kemudian install lalu jalankan, berikut adalah tampilannya.

Free PDF Compressor


Untuk menggunakannya, pertama-tama pilih tombol Browse lalu cari dokumen yang akan dikompres. Setelah itu pilih Compress, selesai.

Lebih mudah dan simpel dibandingkan orpalis pdf reducer.

PDF Dikompres ko ukurannya malah lebih besar?
Nah jika kamu mengalami setelah dikompres tetapi ukuran file malah lebih besar dibanding aslinya maka silahkan coba ubah Settings dari Screen menjadi Ebook kemudian kompres lagi.

Itulah dua aplikasi PDF compressor gratis yang bisa kamu coba, walaupun memang hasilnya tentu akan bervariasi karena tergantung pada file yang diproses.

Biasanya jika dokumennya banyak mengandung gambar maka hasilnya tidak akan terlalu optimal walau sudah dikompres.

Alternatif lain jika kamu tidak ingin menginstall aplikasi, maka bisa mencoba kompres ukuran file pdf online. Selamat mencoba.