August 06, 2016

ORPALIS PDF Reducer, Panduan Cara Menggunakannya

Pada postng kali ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan ORPALIS PDF Reducer, yaitu sebuah aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk mengurangi ukuran file pdf banyak sekaligus (bulk) dengan mudah dan cepat.

Awal menggunakan software ini saya pun agak sedikit bingung karena saat klik tombol browse tidak ada file pdf yang muncul, ternyata agar file pdf dapat terlihat di ORPALIS PDF Reducer kita harus ubah dulu pengaturannya yang akan saya jelaskan lebih detail dibawah.

Selain itu aplikasi ini juga mempunyai pengaturan untuk kualitas gambar, apakah low, medium atau high. Jika ingin hasil lebih kecil maka bisa diubah menjadi low tapi tentu saja ada resiko gambar menjadi blur atau kurang jelas.

Panduan Cara Menggunakan ORPALIS PDF Reducer

Sebelum bisa mengikuti panduan berikut ini pastikan kamu sudah menginstall aplikasi ORPALIS PDF Reducer terlebih dahulu, jika belum silahkan baca disini untuk mendapatkan link downloadnya.

Pertama-tama kita ubah dulu pengaturan, agar saat klik tombol browse file PDF bisa terlihat dan caranya adalah :
Panduan Cara Menggunakan ORPALIS PDF Reducer

Pilih menu options - lalu buka tab General dan ubah Input mode menjadi Files selection kemudian Apply seperti terlihat pada gambar diatas.

Jika sudah selanjutanya adalah bagaimana cara mengurangi ukuran file pdf menggunakan ORPALIS PDF Reducer, silahkan ikuti langkah berikut :

Penting : jangan tempatkan Source & Destination pada folder yang sama karena nanti file asli akan ditimpa oleh file hasil kompres.

  1. Cari file yang akan dikompres dengan cara klik tombol Source.
  2. Tentukan lokasi penyimpanan hasilnya dengan cara klik tombol Destination.ORPALIS PDF Reducer, Panduan Cara Menggunakannya
  3. Terakhir pilih tombol Start batch. Jika sudah selesai nanti akan terlihat seperti gambar dibawah ini.ORPALIS PDF Reducer 
Cukup mudah bukan? dari percobaan diatas ternyata file asli berukuran 4MB setelah dikompres hasilnya menjadi 2.34MB atau berkurang hampir 50%.

Memang tidak terlalu banyak berkurangnya, dan mungkin jika ingin mencoba aplikasi lain yang bisa mengkompres file lebih bagus lagi maka kamu bisa mencoba aplikasi Free PDF Compressor.

Itulah sedikit gambaran mengenai cara menggunakan aplikasi OPRALIS PDF Reducer semoga bermanfaat.