January 01, 2016

Kumpulan Cara Mengisi Formulir Dalam Format PDF

Beberapa tahu lalu saya pernah diminta mengisi formulir pdf, awalnya bingung bagaimana caranya mengisi formulir tersebut? Sempat terpikir untuk mencetak terlebih dahulu kemudian diisi manual lalu setelah terisi discan lagi menjadi pdf.

Ternyata pemikiran itu salah, karena ada cara mudah untuk mengisi formulir dalam format pdf, entah itu kuesioner, form tax fw8ben, form permohonan penggantian data alamat tagihan kartu kredit dan lainnya yaitu dengan menggunakan aplikasi pdf reader atau jika tidak ingin install aplikasi tambahan kita bisa isi secara online. Baca juga : cara perkecil pdf tanpa software.

Kelebihan memilih layanan online adalah selain tidak perlu menginstall software tambahan tetapi tidak hanya bisa dilakukan dari komputer atau laptop tetapi proses pengisian form pdf juga bisa kita lakukan dari HP Android atau ponsel pintar lain.

Cara Mengisi Form PDF Di Komputer atau Laptop Dengan Aplikasi PDF Reader

Saat ini ada beberapa software pdf reader yang dilengkapi dengan fitur fill pdf form, dan yang bisa kamu coba diantaranya adalah Foxit Reader, Nitro PDF, maupun PDF X-Change

Sebagai contoh kali ini saya akan gunakan Nitro PDF reader, dan berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Jalankan aplikasi Nitro PDF, jika belum punya silahkan download dan install dulu dari situs nitropdf
  2. Cari file pdf yang berisi formulir tersebut dengan cara drag and drop dari windows explorer atau dengan cara klik tombol Open. Cara Mengisi Form PDF Di Komputer atau Laptop Dengan Aplikasi PDF Reader
  3. Setelah terbuka silahkan kamu isi sesuai kebutuhan, untuk mengisinya cukup dobel klik pada kolom yang tersedia misalnya setelah terpilih kemudian ketik menggunakan keyboar pc/laptop kamu atau jika untuk file bullet maupun ceklis kamu tinggal klik menggunakan mouse dan nanti akan terisi otomatis.
  4. Setelah terisi kemudian save as dan beri nama. Tujuan memilih save as agar file asli tidak direplace.

Cara Mudah Mengisi Formulir PDF Online

Alternatif lain adalah menggunakan layanan online, dan ini bisa kita lakukan dari pc maupun ponsel atau tablet walaupun jika dari HP mungkin tampilannya agak kurang nyaman karena layarnya tentu lebih kecil dibandingkan pc, dan berikut langkahnya :
  1. Buka halaman http://www.pdfescape.com/open/
  2. Pilih Upload PDF to PDFESCAPE dokumen yang mengandung form tersebut dan tunggu sampai selesai.
    Cara Mudah Mengisi Formulir PDF Online
  3. Setelah sukses diupload selanjutnya kita tinggal mengisi menggunakan menu/tool yang ada.  Cara Mudah Mengisi Formulir PDF Online Jika sudah selesai maka klik tombol Save & Download.

Cara Mengisi Form Dalam Format PDF Di HP Android

Untuk Android selain cara online, kita juga bisa mengisi formulir dokumen pdf menggunakan aplikasi dan berikut langkah-langkahnya.
  1. Install aplikasi Xodo PDF Reader & Editor dari Google Play Store
  2. Kemudian jalankan.
  3. Setelah aplikasi terbuka, pilih menu lalu Folder dan cari lokasi file pdf yang berisi formulir tersebut.
     Cara Mengisi Form Dalam Format PDF Di HP Android
  4. Setelah file terbuka kemudian kamu tinggal mengisi formulir tersebut dengan cara tap pada field atau kolom yang sudah disediakan. Xodo PDF Reader & Editor
  5. Aplikasi ini akan auto save form jadi setiap selesai mengisi akan tersimpan, jika salah kamu juga bisa menghapusnya.
Demikianlah tiga cara mudah mengisi formulir dalam format pdf di HP Android maupun PC, semoga tulisan ini bisa bermanfaat terutama bagi kamu yang bingung ketika diminta untuk melengkapi form pdf.