August 03, 2016

Inilah Daftar Aplikasi PDF Reader Terbaik Yang Layak Dicoba

PDF Reader adalah aplikasi untuk membaca file dokumen dalam format pdf baik itu di pc atau HP Android. Ada banyak software pembaca pdf yang bisa kita pilih selain Adobe Reader, mulai dari yang paling ringan seperti Sumatra PDF sampai dengan yang banyak fitur seperti Foxit Reader dan lainnya.

Lalu manakah yang harus dipilih? Itu kembali pada kebutuhan masing-masing. Untuk sedikit membantu, pada tulisan kali ini saya coba buat daftar aplikasi pdf reader terbaik beserta kelebihan dan kekurangannya semoga setelah mengetahui, kamu bisa tentukan akan menggunakan aplikasi yang mana.

Sebagai info, jika kamu jarang membuka file pdf sebetulnya tidak perlu install pdf reader karena dengan menggunakan web browser seperti Google Chrome maupun Mozilla Firefox kita bisa dengan mudah membaca file pdf tersebut.

Namun untuk teknis bagaimana caranya mungkin akan dibahas pada kesempatan lain, karena kali ini saya hanya akan membuat daftar beberapa aplikasi pembaca pdf yang layak dicoba lengkap dengan keterangan fitur atau kelebihannya.

5 Aplikasi PDF Reader Terbaik 2016

Daftar ini dibuat berdasarkan ukuran aplikasi mulai dari yang paling kecil, sedangkan untuk fitur atau menentukan mana yang terbaik silahkan baca pada bagian kesimpulan.

1. SlimPDF

Daftar Aplikasi PDF Reader Terbaik Yang Layak Dicoba
Slimpdf boleh dibilang salah satu aplikasi pembaca pdf paling kecil, ukuran installernya hanya sekitar 1,4MB. Tidak hanya kecil tetapi setelah mencoba, ternyata slimpdf cukup ringan saat kita buka pertama kali.

Cocok bagi kamu yang mencari aplikasi alternatif pengganti Adobe Reader, karena jelas jika dilihat dari ukuran file sangat jauh dan fiturnya pun cukup lumayan jika hanya dipakai untuk membaca atau mencetak dokumen pdf dirumah.

Slimpdf juga menawarkan fitur tambahan untuk convert pdf ke excel tetapi sayang untuk bisa menikmati fitur ini kita harus membayar alias tidak gratis.

Untuk Mendownload silahkan kunjungi Slimpdf.

2 Sumatra PDF
Sumatra PDF adalah pilihan tepat bagi kamu yang mencari aplikasi pembaca pdf paling ringan untuk Windows, memiliki tampilan sederhana namun bisa digunakan untuk membaca beberapa jenis format file seperti eBook (ePub, Mobi), XPS, DjVu, CHM, komik (CBZ and CBR).

Tersedia dalam dua versi yaitu installer dan portable yang bisa dijalankan dari USB tanpa perlu repot menginstall pada komputer terlebih dahulu.

Sayangnya Sumatra PDF reader hanya tersedia untuk Windows jadi tidak bisa digunakan di Linux maupun Android. Ukuran file installernya hanya sekitar 5MB, cukup kecil bukan?

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi halaman resmi Sumatra PDF

3. Foxit Reader

Foxit Reader
Foxit Reader adalah salah satu yang terbaik jika dilihat dari segi fitur karena aplikasi ini menawarkan beberapa fitur yang tidak dimiliki software pdf reader lain seperti dapat digunakan untuk membuat file pdf dari dokumen lain termasuk dari file gambar atau hasil scan.

Setelah terpasang pada pc, nantinya kita bisa convert file word, jpg, png ke pdf melalui menu print atau dengan klik kanan lalu pilih convert to pdf in foxit reader kemudian save.

Fitur menarik lainnya adalah dapat digunakan untuk mengisi formulir dalam format pdf, dan menariknya Foxit Reader juga tersedia untuk Android yang bisa kamu unduh langsung dari Google Play Store walaupun fitur serta tampilannya memang berbeda.

Sayangnya Foxit Reader tidak dapat digunakan untuk memproteksi file pdf agar tidak bisa dicopy atau dibuka dengan menambahkan password atau mengubah dokumen menjadi read only.

Info lengkap atau untuk mendownload silahkan kunjungi situs resmi Foxit Reader

4. PDF-XChange Viewer

PDF-XChange Viewer
Salah satu alternatif Adobe Reader dengan kelebihan dapat mengunci file pdf dengan password atau membuat dokumen dalam format pdf seperti ebook misalnya menjadi aman dan tidak dapat dicopy, paste atau print.

PDF-Xchange juga dapat digunakan untuk mengisi form dalam format pdf sehingga cocok bagi kamu yang ingin mengisi formulir pdf dengan mudah dan cepat, kita bisa ketik langsung pada setiap kolom kemudian save.

Aplikasi ini cukup cocok bagi kamu yang sering membuat ebook kemudian tidak ingin orang lain mengcopy atau memperbanyak tanpa izin, cukup proteksi saja agar hanya bisa dibaca tanpa bisa dicetak maka ebook anda akan lebih aman.

Kelebihan lain dari PDF-Xchange Viewer adalah dapat digunakan untuk export atau mengubah pdf menjadi image baik full semua halaman maupun halaman tertentu dengan mudah dan cepat.

Kelebihan lain dari PDF-Xchange Viewer adalah dapat membuka file pdf melalui url atau file pdf yang ada disevrer online bukan hanya file dari pc (lokal).


Unduh PDF-Xchange 

5. Nitro PDF Reader

Nitro PDF Reader
Yang kelima adalah Nitro PDF Reader, tampilannya mirip dengan Foxit Reader. Beberapa kelebihannya adalah dapat convert file ke pdf, mengubah file pdf ke text, extract atau mengambil gambar dari dokumen pdf ke image, dan juga mengisi formulir pdf.

Dengan kata lain Nitro PDF ini selain bisa untuk membuka dokumen pdf, bisa juga digunakan untuk convert berbagai jenis format file lain menjadi pdf melalui fungsi print.

Karena sama dengan Foxit Reader, Nitro PDF akan menginstall sebuah virtual printer sehingga saat kita akan mencetak dokumen misalnya di word 2003 kemudian ingin dibuat sebagai PDF maka cukup dengan perintah print lalu pada pilihan printer pilih Nitro PDF Creator lalu save dan setelah selesai file doc (word 2003) tersebut akan tersimpan menjadi pdf. Ukuran sekitar 39MB, tersedia dalam dua versi 32bit dan 64bit.

Info lebih lanjut kunjungi https://www.gonitro.com/pdf-reader

Jadi Mana Yang Terbaik?
Seperti penjelasan diatas, untuk menentukan mana aplikasi pdf reader terbaik tentu kembali pada kebutuhan kita masing-masing karena faktanya setiap software diatas memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki aplikasi lain jadi boleh dibilang tidak ada yang benar-benar 100% sempurna kecuali anda mau mengeluarkan uang untuk membeli versi berbayar.

Jika anda butuh pdf reader yang bisa memproteksi dokumen agar tidak bisa diperbanyak, dicetak (print) atau dikunci dengan password maka pilihannya adalah PDF-Xchange Viewer.

Sedangkan jika mencari yang paling ringan untuk keperluan membaca saja maka pilihannya adalah Sumatra PDF atau SlimPDF.

Untuk yang membutuhkan aplikasi untuk mengisi formulir pdf, dapat membuat file pdf dari word, excel, powerpoint, jpg hasil scan, bmp, png maka pilihannya adalah Nitro PDF atau Foxit Reader karena keduanya mempunyai fitur-fitur tersebut.


Itulah 5 aplikasi pdf reader terbaik yang pernah saya coba, jika kamu punya software favorit lain silahkan berbagi disini.