October 09, 2016

7-PDF Split & Merge Software Gratis Untuk Gabung dan Pisahkan Dokumen PDF

7-PDF Split & Merge adalah software gratis yang berfungsi untuk merge atau menggabungkan serta split atau memisahkan halaman pdf di pc secara offline. Aplikasi ini terdiri dari dua versi yaitu portable dan installer.

Artinya untuk bisa menggunakan 7-PDF Split & Merge kita tidak harus menginstall terlebih dahulu di pc tetapi cukup download versi potrable kemudian ekstrak atau simpan di USB kemudian kita bisa langsung jalankan.

Mungkin belum banyak yang tahu tentang 7-PDF Split & Merge, dan pada posting kali ini saya akan coba membahas sedikit mengenai fitur, cara menggunakan serta apa saja kelebihan serta kekurangannya, semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Dua Fitur Utama Software 7-PDF Split & Merge

Aplikasi ini mempunyai dua fitur utama yaitu :
  1. Untuk menggabungkan file pdf terpisah menjadi satu.
  2. Dapat memisahkan atau memecah dokumen pdf.

Bagaimana Cara Menggunakan 7-PDF Split & Merge?

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, tetapi bagi yang masih bingung mungkin kamu bisa baca panduan singkat dibawah ini.

  1. Langkah pertama tentu kita harus unduh terlebih dahulu, jadi bagi yang belum punya silahkan langsung download dari halaman resmi ini. Silahkan pilih versi yang kamu inginkan, tetapi dalam contoh ini saya menggunakan versi portable sehingga tidak perlu mengintsall.
  2. Setelah selesai download silahkan install atau ekstrak jika kamu pilih versi portable.
  3. Jalankan aplikasinya kemudian kita fokus pada dua tab saja yaitu Split PDF Files dan Merge PDF Files karena hanya dua tab ini yang berguna untuk memisahkan atau menyatukan file pdf.
  4. Untuk menggabung pdf caranya pilih tab merge kemudian pilih tombol Add lalu cari file-file yang akan digabung, setelah semua kamu tambahkan pilih tombol Merge PDF Files lalu beri nama lalu tunggu sampai selesai.
    7-PDF Split & Merge Software Gratis Untuk Gabung dan Pisahkan Dokumen PDF
  5. Sedangkan untuk memecah halaman pdf, pilih tab Split PDF Files lalu pilih Add dan cari dokumen yang ingin kamu pisahkan per halaman, jika sudah pilih tombol Split This PDF, beri nama dan tunggu sampai selesai.

Kelebihan & Kekurangan
  1. Gratis, mudah digunakan serta terdapat dua versi yaitu installer dan portable.
  2. Ukuran file aplikasi cukup kecil, kurang dari 2MB.
  3. Kekurangannya adalah hanya dapat memisahkan maksimal 50 lembar atau halaman pdf saja untuk versi gratis, jadi jika kamu punya dokumen pdf, ebook lebih dari 50 lembar dan ingin dipecah maka software ini kurang cocok.
Kesimpulan, software 7-PDF Split & Merge cukup cocok bagi kamu yang mencari aplikasi gratis untuk menggabung maupun memisahkan pdf tanpa perlu install jika pilih versi portable, namun seperti saya sebutkan diatas khusus untuk fitur split hanya bisa untuk 50 lembar saja kecuali kamu mau membeli versi berbayar.

Alternatif lain jika mencari aplikasi yang lebih sederhana dan bisa untuk menyatukan banyak dokumen pdf maka bisa menggunakan PDFBinder.