October 04, 2016

Cara Membuat File PDF, Word (doc, docx) Menggunakan LibreOffice

LibreOffice adalah salah satu aplikasi open source yang bisa kita gunakan sebagai pengganti Microsoft Office sehingga tanpa perlu install MS Office kita tetap bisa membuka maupun membuat dokumen dalam format word (doc,docx) maupun PDF dengan mudah.

Salah satu kelebihan dari LibreOffice, selain gratis kita juga tetap bisa bekerja dengan dokumen-dokumen yang dibuat oleh aplikasi Office seperti word maupun excel. Misalnya ketika kita harus mengumpulkan tugas, laporan dalam format doc (word) tetapi di pc atau laptop tidak ada MS Word maka LibreOffice Writer bisa menjadi solusinya.

Saya tidak akan membahas bagaimana cara menggunakan LibreOffice karena sebetulnya sangat mudah tetapi memanng butuh waktu saja untuk terbiasam kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara membuat file pdf maupun word dengan format doc (office 2003) maupun docx (office 2007) keatas.

Cara Membuat File PDF Dengan LibreOffice Writer

Sebelum bisa mengikuti panduan dibawah ini pastikan kamu sudah menginstall aplikasi LibreOffice, jika belum maka bisa download dari sini,dan berikut adalah caranya :

  1. Buka aplikasi LibreOffice Writer.
  2. Kemudian silahkan buat dokumen baru dulu melalui menu File - New - Text Document atau untuk cepatnya bisa pakai CTRL + N
  3. Setelah selesai dibuat kemudian pilih icon Export Directly as PDF seperti terlihat pada gambar dibawah ini.Cara Membuat File PDF Dengan LibreOffice Writer
  4. Terakhir berinama kemudian save, selesai.
Cukup mudah bukan membuat file PDF menggunakan aplikasi LibreOffice Writer, tidak jauh berbeda dengan membuat dokumen di MS Word.

Bagaimana Cara Membuat File Word (DOCX, DOC) Dengan LibreOffice Writer Tanpa MS Office?

Seperti saya sebutkan diatas, aplikasi LibreOffice memang bisa dijadikan alternatif saat kita ingin membuat maupun membaca file word baik dalam format doc (97-2003) maupun docx (2007 keatas), dan berikut adalah langkahnya.
  1. Jalankan aplikasi LibreOffice Writer lalu buat dokumen baru.
  2. Setelah selesai pilih File - Save As lalu silahkan pilih Save as type , Microsoft Word 2007-2013 atau Microsoft Word 97-2003 jika ingin disimpan sebagai file doc. Bagaimana Cara Membuat File Word (DOCX, DOC) Dengan LibreOffice Writer Tanpa MS Office?
  3. Terakhir berinama lalu Save, selesai.
Prosesnya tidak jauh berbeda dengan saat akan menyimpan word sebagai pdf pada office 2010 bukan?

Nah selain bisa membuat file word tentu saja LibreOffice Writer juga bisa kita gunakan untuk membaca dokumen dalam format doc/docx.

Caranya cukup pilih Open lalu cari file word yang akan dibaca, setelah itu kita bisa baca atau bahkan mengeditnya.

Itulah sedikit gambaran menganai cara membuat file PDF tanpa perlu pdf creator dan membuat atau membaca file MS Word tanpa software Microsoft Office tetapi menggunakan LibreOffice Writer, selamat mencoba.