November 14, 2020

Belanja Di Lazada Awalnya Ragu Sekarang Ketagihan

Dulu saya tidak terlalu suka belanja di Lazada dan lebih pilih Tokopedia, atau BukaLapak karena memang barang-barang yang biasa dibeli banyak terdapat di Tokopedia dan BukaLapak.

Namun belakangan setelah belama-lama membuka aplikasi Lazada dan ternyata disana ada banyak juga toko official store, misalnya untuk produk fashion ada Ramayana, Osella dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Banyak brand yang ada di Zalora maupun Shopee ada juga di Lazada dan inilah yang membuat saya akhirnya penasaran mencoba membeli barang di Lazada.

Salah satu keunggulan Lazada dibanding marketplace lain adalah ongkos kirim lebih murah meskipun memang kadang pengirimannya lebih lama.

Tapi karena ongkir murah bahkan sering dapat gratis ongkir tanpa banyak syarat, akhirnya makin kesini makin ketagihan untuk membeli barang di sana. Berbeda dengan Shopee, biasanya saya belanja pas ada promo atau ada voucher gratis ongkir.

Mudahnya Belanja Di Lazada Bisa Bayar Ditempat Ongkir Murah

Cara membeli barang di Lazada tidak terlalu sulit, kita hanya perlu ketik kata kunci produk yang dicari dan setelah mendapatkan produk yang ingin dibeli tinggal klik tombol Beli Sekarang atau Tambah ke Troli.

Setelah itu klik Checkout lalu pilih metode pembayaran dengan cara klik pada "Lihat semua metode" nah nanti akan muncul pembayaran apa saja yang tersedia di Lazada.

Bisa pakai DANA, kartu kredit, kartu debit, transfer bank BCA, Mandiri, BNI, cicilan dengan kredivo maupun kartu kredit atau bayar ditempat atau COD.

Untuk sistem cicilan baru akan muncul jika jumlah belanja minimal 1 juta rupiah, jadi jika kurang dari 1 juta maka tidak bisa belanja dengan bayar cicilan.

Untuk cicilan pakai kartu kredit di Lazada tersedia untuk beberapa bank ternama seperti BCA, Mandiri, BRI, dan masih banyak lagi dengan bunga 0% (nol persen).

Tetapi jangan salah, meskipun bunga 0% tetapi ada biaya penanganan di Lazada dan ini berlaku juga di Shopee, Tokopedia dan marketplace lain.

Besarnya biaya penanganan ini bervariasi tergantung lama atau jangka waktu cicilan, namun kalau tidak salah yang paling kecil adalah 2,5% dari nilai tagihan belanja.

 

Belanja Di Lazada Awalnya Ragu Sekarang Ketagihan

Tips Belanja Di Lazada

  1. Baca dengan teliti judul produk serta deskripsi pendek maupun deksripsi panjang, jika dari HP scroll kebawah sampai terlihat keterangan produk lebih lengkap. Jika kurang jelas jangan ragu untuk chat ke penjual.
  2. Bandingkan harga dari beberapa toko supaya dapat yang paling murah.
  3. Baca ulasan produk dari pembeli sebelumnya, untuk mengetahui kualitas produk tersebut. Tetapi jangan salah, kadang ada yang memberi bintang 5 tapi komentarnya kecewa produk tidak sesuai gambar sebaliknya ada yang memberi rating bintang 1 tapi komentarnya produk bagus real pict. Jadi baca dengan teliti jangan terkecoh dengan rating produk saja.
  4. Baca juga bagian tanya jawab, biasanya jika toko pengirimannya lama akan banyak yang komentar di bagian tanya jawab.
  5. Kalau mau cepat sampai dan diproses penjual. Usahakan belanja jangan pada hari Sabtu, karena Minggu di Lazada kurirnya libur semua baik itu Ninja maupun LEX jadi tidak ada pengiriman / pengambilan paket dari penjual ke kurir namun jika paket sudah dikurir maka hari Minggu tetap diantar. Yang lama disini adalah proses pengambilan barang dari penjual oleh kurir.
  6. Rajin-rajin cari voucher, biasanya bisa ditemukan dari menu Akun - Voucher atau saat tulisan ini dibuat sedang ada program pecahkan telur satu kali sehari dan hadiahnya gratis ongkir.

Kekurangan Belanja Di Lazada 

1 - Tidak bisa pilih kurir kecuali untuk pengiriman instant pakai GoJek.

2 - Sistem pelacakan resi sulit terutama yang pengiriman menggunakan LEX, jika pakai Ninja atau JNE maka bisa cek resi lewat situs atau aplikasi kurir.

3 - Metode pembayaran kurang lengkap, contohnya jika ingin membayar Lazada dari ATM BRI atau mobile banking tidak ada pilihannya, jika pilih transfer bank hanya ada BCA, Mandiri dan BNI.

4 - Jika ingin membayar pakai DANA maka nomor yang digunakan untuk registrasi Lazada harus sama dengan yang terdaftar di DANA, jika berbeda tidak bisa dihubungkan dan ini pernah saya coba sampai akhirnya daftar akun Lazada baru pakai no hp yang sudah terdaftar ke DANA dan hasilnya pembayaran pakai DANA bisa muncul dan berhasil.

Jika Barang Tidak Sesuai Apakah Bisa Dikembalikan?

Bisa, pada menu pesanan ada pilihan pengembalian barang dan kamu tinggal ikuti saja petunjuk yang ada di halaman tersebut termasuk untuk mendapatkan label pengembalian barang supaya tidak perlu membayar ongkos kirim pengembalian pesanan.

Apakah Lazada Bisa Dipercaya?

Lazada adalah marketplace atau yang menampung penjual baik perorangan maupun perusahaan sama seperti Shopee, jadi jelas bisa dipercaya.

Mungkin lebih tepatnya "Penjual di Lazada apakah bisa dipercaya?

Kalau urusan ini tentu dimana-mana sama saja, belanja online selalu ada resiko. Oleh karena itu kita sebagai pembeli yang harus lebih jeli dan teliti memilih produk yang akan dibeli.

Jangan hanya tergiur oleh harga jauh lebih murah dibanding toko lain, tetapi baca dengan teliti deskripsi produk, foto produk serta ulasan dari pembeli.

Karena kadang ada penjual yang memajang foto A dengan harga murah dibanding toko lain tetapi ketika dikirim beda produk.

Akhir kata, sekarang ini Lazada menjadi salah satu tempat belanja online favorit saya selain Shopee, alasannya banyak official store yang bergabung di Lazada dan tentunya ongkir lebih murah.

Selain itu jika tidak ada ATM, malas membayar di Indomart, Alfamart atau mungkin kurang yakin apakah barang akan dikirim atau tidak oleh penjual, maka bisa pilih pembayaran di tempat karena lebih aman dan hanya membayar saat barang kita terima.

Namun sebaiknya saat akan membayar ke kurir yang mengantar barang langsung cek juga paket yang dikirim sesuai atau tidak dengan pesanan

Apa Saja Metode Pembayaran di Lazada?

Beberapa metode pembayaran belanja di Lazada adalah : Bayar di tempat, bank transfer (Mandiri, BNI, BCA).

Kartu kredit, kartu debit, cicilan kredivo, DANA dan yang terakhir baru ditambahkan adalah pembayaran Lazada pakai OVO.

Kini OVO sudah menjadi salah satu alat pembayaran resmi di Lazada. Jadi pengguna OVO bisa belanja online di Lazada setelah menghubungkan akun OVO ke Lazada.

Ah panjang tulisannya bikin pusing :) 

Tidak perlu pusing, intinya setiap belanja online harus teliti dan hati-hati karena dimana-mana sama saja yang namanya penjual naka pasti ada namun jumlahnya masih kalah banyak dibanding penjual jujur.