February 03, 2016

Daftar Situs Untuk Mengecilkan File PDF Online

Banyak situs yang menyediakan layanan untuk mengecilkan ukuran file pdf online dan pada dasarnya proses yang mereka tawarkan hampir mirip yaitu upload file kemudian akan dikompres otomatis setelah itu kita unduh hasilnya.

Walau ada beberapa situs yang menyediakan fitur tambahan sehingga kita bisa mengambil maupun menyimpan file pdf dari dan ke Google Drive maupun DropBox.

Berikut ini adalah daftar situs terbaik untuk memperkecil atau kompres ukuran file pdf secara online gratis semoga daftar ini bisa membantu bagi yang sedang mencari situs untuk kompres pdf online, entah itu untuk mengurangi ukuran dokumen pdf biasa, ebook, hasil scan dan sebagainya.

Inilah Daftar Situs Terbaik Untuk Mengecilkan File PDF

Daftar dibawah ini saya buat berdasarkan kemudahan penggunaanm artinya kita cukup upload kemudian kompres tanpa perlu melakukan pengaturan lagi.

Jadi mungkin saja ada situs lain yang tidak saya masukan daftar karena terlalu rumit penggunaannya.

Urutan ini saya buat berdasarkan hasil kompresi yang paling besar atau bisa menghasilkan file paling kecil dengan percobaan menggunakan satu file yang sama dan berikut adalah daftarnya.

1. SmallPDF
Inilah Daftar Situs Untuk Mengecilkan File PDF

Yang pertama adalah smallpdf, situs ini menyediakan layanan untuk mengkompres dokumen pdf secara online.

Cukup mudah digunakan, kita hanya perlu upload dengan cara drag and drop maupun klik tombol Choose file.

Setelah file berhasil diupload kemudian proses kompres akan berjalan otomatis dan setelah selesai kita bisa unduh hasilnya atau simpan ke DropBox maupun Google Drive.

Situs ini cukup baik untuk urusan mengurangi ukuran pdf, pada contoh saya upload file dengan ukuran 4.8MB kemudian setelah diproses hasilnya menjadi 960KB.

2. Pdfcompress.com
Mengecilkan File PDF Online

Walau tampilannya terbilang sederhana dan tidak menyediakan fitur drag and drop seperti situs lainnya tetapi pdfcompress.com cukup bagus untuk mengurangi ukuran pdf.

Untuk upload file pdf, caranya pilih tombol My Computer lalu pilih tombol Compress dan tunggu sampai selesai. Setelah selesai nanti akan muncul dialog untuk mengunduh hasilnya.

Dengan menggunakan file sama yaitu sekitar 4,8MB, hasilnya setelah dikompres online menjadi 1.1MB, atau berkurang sekitar 3,7MB tidak berbeda jauh dengan hasil smallpdf.

3. IlovePDF
3. IlovePDF

Sebelumnya saya pernah memasukan situs ini ke artikel dua cara mengurangi ukuran file pdf, memang hasilnya tidak sebagus smallpdf maupun pdfcompress.com tetapi situs ini cukup layak dipertimbangkan.

Karena menawarkan kemudahan saat akan upload dengan cara drag and drop atau mengambil dari DropBox.

Sayangnya dari beberapa kali percobaan ternyata hasilnya masih kurang kecil, dari file asli sebesar 4,8MB setelah diproses hasilnya menjadi sekitar 1,44MB atau berkurang 30% saja dibandingkan aslinya.

4. PDFCompressor.com
PDFCompressor

Situs ini adalah yang menghasilkan file paling besar yaitu 2MB dari aslinya 4,8MB walau demikian pdfcompressor.com menawarkan satu fitur unggulan yaitu dapat upload sampai 20 file.

Sehingga kita bisa kompres banyak file sekaligus secara online. Cara penggunaanya pun cukup mudah karena untuh mengunggah dokumen pdf kita cukup drag and drop atau klik lalu geser.

Itulah 4 situs untuk mengecilkan ukuran file pdf secara online, jika disimpulkan dari percobaan yang saya lakukan menggunakan sebuah file yang sama maka smallpdf adalah yang terbaik karena bisa menghasilkan ukuran file paling kecil.

Alternatif lain jika kurang suka dengan cara online maka kamu bisa mencoba aplikasi untuk kompress pdf seperti ORPALIS PDF Reducer maupun free pdf compressor yang bisa menghasilkan file lebih kecil sama dengan smallpdf.com.